Ibu Hamil Disarankan Cek Kadar Hemoglobin

Ibu hamil amat disarankan agar memeriksakan kandungan hemoglobinnya. "Ini merupakan cara termudah untuk mendeteksi apakah ibu hamil yang bersangkutan menderita anemia ataukah tidak", kata konsultan nutrisi dari Yayasan Indonesia Bhadra Utama ( IBU ), dr. Aly Diana, M.kes, MPH seusai jumpa pers di Jakarta.

Aly mengemukakan, kontrol teratur dibutuhkan lantaran anemia pada ibu hamil tidak gampang dideteksi dengan fisik dan awam. Gejala anemia menyerupai gejala kehamilan pada biasanya.

"Rasa lemah, letih, lesu, pusing, dan mual, yaitu gejala-gejala anemia yang serupa dengan apa yang dialami oleh ibu hamil", kata Aly.

Gejala-gejala yang sama ini, mengakibatkan anemia jadi penyakit yang tidak terlihat dengan jelas pada ibu hamil, jadi ibu hamil disarankan memeriksakan kandungan hemoglobinnya buat memastikannya.

"Oleh karena itu, anemia atau tidak, ibu hamil harus mengonsumsi tablet penambah darah spesial ibu hamil, untuk menghindar dan menangani anemia", tutur Aly.

Pada peluang yang sama, direktur Micronutrient Initiative Indonesia ( MI ), dr. Elvina Karyadi, MScN, Phd, mengemukakan bahwa ibu hamil yang menderita anemia, mempunyai risiko tinggi mengalami pendarahan waktu bersalin.

"Anemia pada ibu hamil dapat mengakibatkan bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat rendah, dan risiko kematian pada bayi yang dilahirkan", kata Elvina.

Sumber catatan : AntaraNews

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar