Bahayanya Memandikan Bayi Dengan Air Dingin

Memandikan bayi tampaknya perihal sepele, tapi permasalahan suhu air saja dapat berakibat fatal pada kesehatan bayi.

Dokter spesialis anak dari Rs. Brawijaya Women and Children Hospital, dr. Attila Dewanti, SpA, menyebutkan bahwa terlalu berbahaya bila memandikan bayi menggunakan air dingin.

"Bayi usia enam bulan ke bawah, seharusnya dimandikan memakai air hangat, lantaran air dingin dapat bikin bayi alami hipotermia", papar Attila pada satu media edukasi di Jakarta.

"Hipotermia merupakan penurunan suhu tubuh secara drastis dan tiba-tiba, akan dialami oleh bayi yang disebabkan karena lapisan kulit bayi yang masih terlampau tipis", kata Attila.

Dia juga mengemukakan bahwa hipotermia pada bayi, umumnya mengakibatkan bayi lupa cara bernapas. "Inilah perihal yang amat membahayakan para bayi", papar Attila.

Attila mengimbau, seharusnya bayi dibawah usia enam bulan dimandikan dengan air bersuhu pada 29 sampai dengan 30 derajat celsius, lantaran suhu itu di kira cukup hangat dan aman untuk kulit dan paru-paru bayi.

"Pada usia enam bulan, sistem tubuh pada bayi normal telah cukup siap untuk terima konsumsi makanan lain selain susu, dan suhu yang berlainan dari suhu didalam rahim", pungkas Attila.

Sumber Catatan : AntaraNews

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar