Beberapa Penyakit Ringan Tapi Menjengkelkan

sakit ringan
Sakit Ringan (jengker.com)
Gangguan kesehatan layaknya cegukan, kulit kering atau lecet-lecet barangkali tidak mengancam nyawa seseorang. Namun saat gangguan ini nampak, anda terus akan jadi tidak nyaman, menyakitkan, memalukan, atau menjengkelkan.

Diantara anda barangkali ada yang bersikap cuek waktu gangguan kesehatan ini nampak atau sesudah itu menunggu keadaan jadi semakin baik dengan sendirinya. Tetapi ada pula yang berupaya melakukan hal simpel buat mengusir jauh-jauh gangguan kesehatan ini.



Mengutip dari foxnews, di bawah ini rangkuman gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang, bagaimana menanganinya, dan kemungkinan untuk dikonsultasikan dengan dokter.

1. Air masuk ke dalam telinga

Waktu berenang, air dapat masuk ke didalam saluran telinga dan mengganggu pendengaran anda. Bila gangguan ini menimpa, menurut dokter Rachel C. Freeman, Asisten Profesor Pediatric di Kampus Indiana di Indianapolis, anda cukup memiringkan kepala dengan arah spesifik yang bertujuan supaya air di telinga dengan sendirinya keluar.

Tak hanya itu, anda dapat memakai pengering rambut buat mengeringkan air dari telinga. Tetapi, yakinkan supaya jarak pengering rambut tidak sangat dekat dengan telinga. Waktu pengaturan tombol pengering rambut upayakan selembut mungkin. Sebab bila angin dari pengering rambut ini sangat panas dan sangat kencang, mala bisa membakar terlinga dan mengakibatkan kerusakan pendengaran. Bila telinga anda terluka, berwarna merah, dan mengeluarkan cairan itu berarti telinga anda megalami infeksi. Keadaan ini mewajibkan anda untuk selekasnya berkonsultasi dengan dokter.

2. Cegukan

Cegukan terjadi saat diafragma pernafasan anda tiba-tiba jadi tidak beraturan tanpa sengaja, pita suara akan tertutup dan tiap-tiap tarikan napas menyebabkan suara “hik” yang familiar. Cara klasik buat mengobati cegukan adalah minum segelas air atau mencoba menahan nafas sesaat. “Cara-cara ini bisa membantu alur pernafasan jadi lebih rileks dan menghentikan cegukan, ” kata Freeman, yang juga seorang penulis buku don’t cross your eyes—theyll get stuck that way !.

Seandainya trick ini tidak menolong, biarkan cegukan anda berlangsung lebih lama sebab mereka akan terhenti dengan sendirinya. Namun, cepatlah minta pertolongan dokter bila cegukan berlangsung kurang lebih tiga jam apalagi jika membuat anda kesusahan bernafas.

3. Mulut kering

Mulut kering terjadi sebab produksi air liur menurun, di antara sebabnya adalah  faktor kurang minum. Mulut yang kering juga terjadi dari efek samping obat-obatan, misalnya obat antidepresan sampai antihistamin. Seandainya mulut kering amat mengganggu kegiatan, perbanyaklah minum. Atau, anda dapat mengunyah permen karet dengan kandungan gula rendah. Baiknya kurangi kafein dan berhentilah merokok. Anda juga bisa mengatasi permasalahan gangguan kesehatan ini dengan produk perawatan mulut layaknya pelembab, spray, dan gel.

“Jika tidak satupun usaha anda membuahkan hasil, lantas pergilah ke dokter. Sebab bisa jadi ada penyakit lain seperti infeksi pernafasan, sinusitis, atau diabetes, ” kara Roshini Raj, md, editor di Health Magazine.

4. Melepuh

Gangguan satu ini dapat terjadi, umpamanya pada lapisan kulit kaki anda. Melepuh dapat terjadi karena gesekan sepatu dengan kaki yang menyebabkan gelembung diisi cairan di bawah lapisan kulit. Luka bakar dan luka pada kulit dapat juga mengakibatkan kulit melepuh. Menurut Freeman, cara yang benar buat mengatasi kulit melepuh yaitu membiarkannya.

“Melepuh dapat terjadi pada kita dengan gampang, dan janganlah memencet mereka jika bentuknya amatlah besar. Bila terpaksa dipencet, yakinkan supaya tangan anda bersih atau manfaatkan jarum yang steril buat mengeluarkan cairannya, ” katanya.

Anda mesti ke dokter bila tempat seputar kulit yang melepuh berwarna merah atau  mengeluarkan cairan berbau, ini gejala indikasi kulit mengalami infeksi.

5. Leher Kaku

Memposisikan kepala didalam posisi tidak pas pada waktu tertentu, layaknya memakai telephone atau laptop bisa membuat otot-otot leher anda jadi tegang, sesudah itu merasa sakit dan kaku. Supaya leher tidak kaku, lantas yakinkan postur tubuh anda pas di tiap-tiap aktivitas anda. Bila masih bekerja di kantor, pastikanlah kursi, meja, papan ketik, dan monitor buat kerja anda merasa nyaman. Aturan yang sama berlaku juga di tempat tinggal.

“Cara paling baik buat menggunakan laptop yaitu dengan meletakkannya di meja, bukan hanya diatas pangkuan juga bukan hanya dengan layar dan papan ketik lebih rendah dari jangkauan mata anda, ” kata Raj.

Seandainya leher kaku tidak dapat digerakkan dalam waktu maksimal seminggu, padahal anda telah mencoba mengurangi rasa sakit dengan penghilang rasa sakit, bantal pemanas, pijatan dan seterusnya, lantas tindakan paling akhir adalah berkonsultasi ke dokter.

6. Bibir pecah-pecah


Bibir kadang-kadang terpecah-pecah karena dampak udara sangat panas atau dingin, juga dapat disebabkan terpapar matahari sangat lama. kulit pada bibir cenderung lebih tipis daripada kulit lain di wajah. Tak hanya itu, kulit pada bibir tidak mengandung kelenjar minyak hingga akan kering lebih cepat. Keadaan kering pada bibir ini rentan mengakibatkan bibir pecah-pecah dibarengi rasa nyeri.

Buat mengatasi bibir pecah-pecah, baiknya janganlah membasahi bibir dengan ludah sebab justru buat semakin buruk. Baiknya anda memakai pelembab bibir sebab akan melindungi kulit halus pada bibir anda dan menolong menyembuhkan kekeringan.

Dermatologis merekomendasikan penggunaan pelembab bibir dengan perlindungan ekstra dari matahari. Jauhi pelembab yang mengandung bahan kayu putih dan kapur barus sebab akan memperburuk bibir.

Bila pelembab tidak bekerja maksimal untuk anda, lantas pergi berkonsultasilah dengan dokter. Kemungkinan bibir pecah-pecah ini adalah pertanda tubuh kekurangan vitamin.

Sumber catatan : kompas

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar